Senin, 11 April 2016

Mertua Sering Membuat Anda Galau? Ikuti Tips Ini



Masalah yang biasa dialami oleh suami istri adalah kurang harmonisnya hubungan dengan keluarga suami/istri. Namun jangan khawatir, seorang penasehat hubungan sosial menyarankan beberapa metode berbeda agar hubungan antar mertua dan menantu menjadi lebih baik.

Berikut ringkasannya :

1. Mintalah suami/istri agar lebih bertanggung jawab terhadap hubungan pernikahan

Hubungan antara mertua dan menantu menjadi tidak harmonis ketika ibu mertua merasa mereka harus membantu putra/ putri mereka menyelesaikan persoalan.

Minta suami/ istri untuk bersikap bijak dengan tidak selalu menceritakan masalah rumah tangga kepada ibunya, agar ibu mertua Anda tak ‘terganggu’ oleh masalah yang sedang dihadapi anaknya.

Mertua dan menantu manapun pasti akan terlibat dalam ‘perang’ berkepanjangan jika suami/istri Anda tidak segera mengubah kebiasannya mengadu.

2. Jadilah bagian dari keluarganya

Hargailah keberadaan mertua dengan pura-pura bertanya tentang tingkah laku suami di masa kecilnya (padahal Anda sudah tahu duluan dari cerita suami!). Hubungan mertua dan menantu bisa menjadi tidak harmonis ketika Anda bersikap ‘alay’, sehingga ibu mertua menganggap Anda telah merebut anaknya.

Menurut adat yang berlaku di daerah saya, menikahi seseorang sama artinya dengan menjadi bagian atau anggota keluarganya.

3. Jadikan mertua sebagai orang tua Anda yang ke-2

Saya sering heran ketika mendengar sahabat yang mengeluh mengapa ia harus memiliki hubungan antar mertua dan menantu yang buruk, sehingga acara kumpul-kumpul keluarga di hari besar agama atau hari libur menjadi sesuatu yang menyiksanya.

Jika Anda telah berniat untuk menjalani hidup bersama dengan seseorang yang Anda cintai, mengapa pendekatan dengan keluarganya tak Anda lakukan sejak awal? Mertua bawel itu sudah biasa.

Mereka berulah demikian karena merasa tidak diperhatikan karena Anda berdua terlalu sibuk memadu kasih. Anggap dan perlakukan ibu mertua sebagai ibu Anda, niscaya masalah semacam ini akan berlalu dan hubungan Anda dengan ibu suami menjadi lebih dari sekedar mertua dan menantu.

4. Melakukan kegiatan bersama

Kedua belah pihak akan jadi lebih akrab jika sering melakukan banyak hal bersama. Tak ada salahnya sesekali membantunya memasak atau jalan-jalan ke pasar.

Anda akan dapat memahami karakter dan pola pikir seseirabg ketika Anda sering berinteraksi dengan mereka. Jangan lupa pelajari dan catat dalam hati hal-hal yang disukai ibu atau ayah mertua Anda, agar Anda bisa memberi kejutan yang sesuai dengan keinginan mereka.

Selamat mencoba!

(Sumber:http://www.salambunda.com/berita/mertua-sering-membuat-anda-galau-ikuti-tips-ini.html)

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya