Senin, 11 April 2016

3 Pilot Wanita Ini Ukir Sejarah Terbangkan Pesawat ke Jeddah

Sejarah baru tercatat oleh trio pilot wanita menerbangkan pesawat ke Arab Saudi. Ketiga pilot itu adalah trio pilot asal Brunei Darussalam, yaitu Captain Sharifah Czarena Surainy, kopilot Sariana Nordin, dan kopilot Dk Nadiah Pg Khashiem.

Sejumlah media massa memberitakan ketiga wanita itu karena berhasil menjalankan tugas sebagai kru kokpit pertama di negaranya yang semuanya wanita. Hal itu terbilang luar biasa mengingat, pilot pesawat biasanya didominasi pria.



Nampaknya, emansipasi wanita sudah terjadi di dunia penerbangan, tak hanya laki-laki saja yang mendominasi profesi sebagai pilot pesawat, namun wanita juga mampu menjalankan profesi yang serupa.

Dari informasi yang dihimpun, trio penerbang ini berhasil menerbangkan pesawat Boeing 787 Dreamliner milik maskapai Royal Brunei Airlines, dari Brunei Darussalam menuju ke Jeddah, Arab Saudi, 24 Februari lalu.

Penerbangan itu digelar guna menyambut Hari Kemerdekaan Brunei. Kabar tersebut baru terkuak belakangan ini dan langsung menjadi viral.

Menariknya, penerbangan yang dikomandoi Pilot Senior Sharifah Czarena itu seperti sebuah ironi, lantaran negara yang mereka tuju yaitu Arab Saudi, melarang para wanita untuk menyetir mobil sendiri.

Ternyata, tak hanya maskapai Royal Brunei saja yang pernah menggunakan kru pilot semuanya wanita, maskapai lain seperti Air India dan Air Canada juga pernah mengoperasikan penerbangan jarak jauh yang dikomandoi pilot dan ko-pilot wanita. Itu dilakukan dalam rangka Peringatan Pekan Penerbangan Wanita tingkat Dunia.

Meski begitu, Indonesia yang sudah lebih dahulu melakukan penerbangan dengan semua pilotnya perempuan. Menyambut Hari Kartini tahun 2015, maskapai AirAsia melakukan penerbangan khusus dimana seluruh pilot dan awak kabinnya adalah perempuan

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya