Jumat, 04 Maret 2016

Dua Amalan Sunnah Setelah Solat Subuh dan Maghrib

Dunia Syariat. Dua Amalan Sunnah Setelah Solat Subuh dan Maghrib. Pertama: Membaca sebanyak 10 kali, dalam keadaan masih duduk tahiyyat akhir dan tidak berkata-kata, sehingga selesai bacaan:

Dua Amalan Sunnah Setelah Solat Subuh dan Maghrib


لا إله إلا الله وحده لا شريك له, له الملك وله الحمد, ييحي, تيميو وهو على كل شيء قدير
    
Tiada tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dialah yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu. "

Kedua: Membaca sebanyak tujuh kali, sebelum berkata-kata sampai selesai bacaan:

اللهم أجرني من النار

    "Ya Allah, peliharalah aku dari api neraka."

Bisa juga membaca:

اللهم أجرنا من النار

    "Ya Allah, peliharalah kami dari api neraka."

Apakah fadilat amalan yang pertama?

Hadis dari Abu Zar berkata, Sesungguhnya Rasulullah S.A.W bersabda,
"Barangsiapa yang membaca setelah shalat Subuh, dalam kondisi kakinya masih seperti tasyahhud akhir, sebelum berkata-kata sebanyak sepuluh kali, ditulis baginya sepuluh kebaikan, dihapus darinya sepuluh kejahatan (dosa), diangkatkan baginya sepuluh derajat (posisi), dan dia pada hari itu terjaga dari segala hal yang dibenci, terbentang dari setan, serta tidak ada suatu dosa yang dapat merusaknya pada hari itu kecuali syirik (menyekutukan) Allah. "(Riwayat at-Tarmizi dengan sanad Hasan, Imam ath-Thobrani menyebutnya di dalam al-Aushot dan al-Kabir. Lihat juga Shahih at-Targhib waat-Tarhib: 1/306)

Imam an-Nasa'i menambahkan, "Dan baginya setiap yang dibacanya pahala seumpama membebaskan seorang hamba." Imam at-Tabrani menambahkan, "Dan baginya setiap apa yang dibacanya pahala membebaskan seorang hamba dari anak Nabi Ismail dengan harga seorang dari mereka 12000."

Apa pula fadilat amalan yang kedua?
Hadis dari al-Harits bin Muslim dari ayahnya berkata; Nabi S.A.W bersabda,
"Ketika kamu selesai menunaikan shalat Subuh, maka bacalah sebelum kamu berkata-kata:" Allahumma ajirna min nar "tujuh kali, maka jika kamu meninggal pada hari itu, Allah menulis bagimu perlindungan dari api neraka. Dan ketika kamu selesai menunaikan shalat Magrib, maka bacalah sebelum kamu berkata-kata:
    
"Allahumma ajirna min nar" tujuh kali, maka jika kamu meninggal pada malam itu, Allah menulis bagimu perlindungan dari api neraka. "(Riwayat Abu Daud dan an-Nasa'i)

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya