Sabtu, 16 Januari 2016

Mengembangkan Fitrah Anak


Community Based Education sebenarnya adalah sederhana, sebuah proses pendidikan untuk mengembalikan fitrah anak. Kalau saat ini sedang banyak orang membicarakan pola hidup sehat dengan makan makanan organik, maka Community Based Education dan Home Education bisa dikategorikan "pendidikan organik". Makanan untuk otak dan mental anak yang tidak instan dan mengalami sebuah proses alamiah.

Di Communnity Based Education Kita hanya mengupayakan proses yang sealamiah mungkin sesuai fitrah atau kodrat Allah dan menjalaninya sesuai sunnatullah tahap perkembangan manusia.
Selebihnya adalah menyerahkan semua keputusan akhir di tangan Allah SWT.
Jika fitrah adalah jalan sukses, sunnatullah adalah cara sukses, maka doa doa kita adalah kunci sukses bagi anak anak kita di dunia dan di akhirat.

Dalam perjalanan sehari-hari tugas kita adalah menemani anak-anak untuk bisa mengembangkan semua potensi fitrahnya, baik fitrah keimanan, fitrah belajar dan fitrah bakatnya.
Caranya dengan memaknai setiap moment dan merancang bersama anak sebuah program yang khas sesuai dengan tahap perkembangannya (customized education)

Di tahap 0-7 tahun tugas kita adalah menemani anak-anak agar mereka kaya akan wawasan, Memasuki usia 7-14 th jadilah teman yang mau mendengarkan suara anak-anak agar mereka kaya akan gagasan. Saat 14 th ke atas, saatnya anak-anak memasuki dunianya dengan kaya akan kegiatan.
Tujuan akhirnya adalah agar fitrah anak anak kita tumbuh paripurna

sehingga memiliki peran peradaban spesifik atas fitrah bakatnya, memilki kemampuan inovasi memakmurkan bumi atas fitrah belajarnya dan memiliki akhlak mulia atas fitrah keimanannya
Itu semua sebaiknya tepat dicapai ketika anak anak kita memasuki aqilbaligh sekitar usia 15-16 tahun.

Maka bekal pertama dan utama dalam mendidik bukanlah segepok kurikulum baku dan kaku, tetapi adalah keyakinan dan kebersyukuran, ketenangan dan keoptimisan bahwa setiap anak memiliki potensi fitrah yang baik dan ditakdirkan menjadi baik. Hanya orangtua dan lingkungan yang gegabahlah yang banyak merusak dan merubah serta menyimpangkan fitrah anak anak kita.
Apabila anda takut melangkah sendiri, segera berjejaringlah dalam sebuah komunitas. Ketahuilah bahwa tidak hanya anda yang menginginkan anak-anak tumbuh sesuai fitrahnya.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya