Senin, 21 Desember 2015

Sembilan Jenis Makanan Ini Dapat Membersihkan 'Sampah' Dalam Darah Kita!


Banyak makan demi kesehatan!

1. Jali-jali (Barley) dapat menurunkan kadar gula dan lemak pada darah, membantu melancarkan pencernaan, melancarkan pembuangan air seni, memperbaiki kondisi kaki bengkak (edema). Kandungan kalori pada jali-jali pun rendah sehingga banyak mengkonsumsi tidak akan menyebabkan kegemukan. Jali-jali juga kaya akan kandungan serat yang larut dalam air sehingga dapat mencegah sembelit serta membuang zat beracun yang menumpuk di dalam tubuh.

2. Bawang putih, jahe adalah beberapa jenis bahan makanan yang terkenal mencegah kanker. Namun selain mencegah kanker, bawang putih mengandung zat capsaicin yang mudah menguap, fungsinya dapat membersihkan kadar lemak yang menumpuk dalam pembuluh darah serta menurunkan kadar kolesterol.

3. Brokoli mengandung kadar serat yang sangat tinggi, sangat cocok untuk dikonsumsi orang yang memiliki kadar lemak darah tinggi. Selain itu brokoli juga kaya akan aneka nutrisi yang sangat bermanfaat mencegah kanker. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, kadar nutrisi pada brokoli bersifat larut dalam air, demi mencegah nutrisi hilang bersama air cucian, hindari memotong brokoli menggunakan pisau, ubah dengan cara mengupas (memetik) memakai tangan. Kemudian perhatikan untuk tidak memasak brokoli terlalu lama.

4. Wortel sangat kaya akan kandungan Kalium organik yang bermanfaat melarutkan "kolesterol yang mengeras" pada dinding saluran pembuluh darah, demikian sampah di dalam tubuh akan dibuang keluar. Efeknya adalah kadar lemak darah menurun, memurnikan darah, menambah elastisitas pembuluh darah, memperbaiki mikrosirkulasi tubuh.

5. Sereal mengandung kadar asam linoleat (Linoleic Acid) yang sangat tinggi, serta kandungan vitamin E yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol.

6. Kacang-kacangan mengandung aneka zat yang menurunkan kolesterol, terutama diantaranya adalah kandungan serat yang larut dan yang tidak larut.

7. Kedelai Jepang (Edamame) mengandung kadar lemak yang jauh lebih tinggi dari jenis sayuran yang lain. Namun prosentase utamanya adalah golongan asam lemak jenuh yang efektif membersihkan tumpukan lemak pada dinding pembuluh darah.

8. Kacang hijau pada dasarnya merupakan jenis makanan penurun kolesterol. Ketika ia sedang berkecambah, kandungan vitamin C di dalamnya meningkat menjadi 7 kali lipat dari sebelumnya. Kadar vitamin C yang tinggi dapat mencegah kolesterol menumpuk pada dinding pembuluh darah. Kandungan serat pangan di dalam kecambah kacang hijau (tauge) bermanfaat untuk membersihkan sampah dalam tubuh serta menurunkan kadar kolesterol.

9. Terong mengandung aneka vitamin, terutama vitamin P yang berfungsi meningkatkan elastisitas pembuluh darah kecil (mikrovaskuler). Hasil penelitian para ahli menunjukkan terong dapat menurunkan kadar kolesterol, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah hiperlipidemia, mencegah penyempitan pembuluh nadi dan penyakit sejenisnya.

Sumber: cerpen.co.id

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya