Senin, 21 Desember 2015

Masih Suka Minum Es Teh Manis, Ini Resiko Yang Harus Diketahui


Di balik kesegaran dan manisnya es teh, ternyata mengandung ancaman terhadap kesehatan manusia.

Seperti dikutip dari Times Of India, Es teh mengandung konsetrasi oxalate yang tinggi, yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Oxalate sebenarnya juga bisa ditemukan di dalam bayam, atau cokelat. 

Oxalate dalam kadar yang normal dapat menyerap konsentrasi kalsium yang sangat tinggi dan di dalam tubuh dapat mengikat kalsium.

Namun jika kandungan Kristal oxalate terlalu tinggi, kristal tersebut akan mengendap pada ginjal dan bisa menyebabkan batu ginjal, inflamasi ginjal, bahkan yang paling parah adalah gagal ginjal.

Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam yang biasanya ditemukan dalam air seni, ginjal atau saluran kemih.

Mineral tak terpakai itu umumnya bisa keluar dari tubuh bersama urin, tapi dalam kondisi tertentu bisa mengendap dan membatu di dalam saluran kemih. 

Cara mengkonsumsi es teh yang aman

Terdapat cara yang bisa anda ikuti, agar tetap bisa menikmati es teh. Pertama-tama gunakan es batu yang terbuat dari air yang matang.
Jika anda ingin membelinya, perhatikan perbedaan antara es batu dengan air matang dan air mentah.

Es batu yang terbuat dari air matang cenderung terlihat bening layaknya seperti kristal.

Hal itu dikarenakan ketika air tersebut masih dalam proses perebusan terlebih dahulu, maka gas yang terdapat pada air terlepas dan menjadikan air hanya mempunyai gas yang sedikit saja.

Sehingga dalam proses pembuatan es dengan menggunakan air matang bisa terlihat bening seperti kristal. Sedangkan es teh dengan air mentah warnanya putih seperti salju dan terdapat gelembung-gelembung pada es tersebut.

Hal itu disebabkan es batu dari air mentah masih banyak gas atau oksigen di dalamnya karena tidak adanya proses perebusan air telebih dahulu.

Kedua, seduh teh, dinginkan, lalu masukan ke dalam lemari es, tunggu hingga dingin.

Setelahnya masukan pemanis alami dalam takaran yang tepat ke dalam gelas teh. Bisa tambahkan lemon untuk membantu menjaga kandungan flavonoid di dalam teh, serta untuk memperkaya rasa es teh.

Selain lemon, anda juga bisa menambahkan buah lainnya seperti jeruk, atau bahan lain seperti daun mint agar selai rasanya lebih enak.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya